25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menginformasikan kiranya sejumlah wilayah selama bandung barat mengalami bencana longsor hingga mengakibatkan 23 properti rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi sudah mengakibatkan longsor dalam tiga kecamatan, kata kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada di tebing perbukitan curam juga kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah menyebabkan wilayah tersebut memiliki risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 properti terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor selama tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian warga masih mengungsi selama rumah kerabatnya dan lebih aman ujarnya.

dia menambahkan, melalui pemukiman yang dibangun dalam perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan amat terbatas juga kondisi tanah yang tebal juga memiliki mata air di pihak sedang ditambah batuan keras pada bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk itu pemda usah memfasilitasi teknologi konservasi tanah serta air pada warga untuk risiko bencana dapat diminimalisir, ujarnya.

banyak pilihan teknologi sederhana supaya memenangkan longsor, papar dia, bagus secara fisik dan vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.