Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan kiranya putaran kesepuluh pembahasan antara iran dan iaea ingin digelar pada 15 mei dalam wina.

iran serta iaea telah bertemu dalam sembilan putaran pembicaraan sejak akhir 2011. pertemuan terakhir mereka diselenggarakan di ibu kota iran, teheran, dalam pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea juga kepala departemen perlindungan herman neckaerts menyampaikan, kedua pihak tak mampu mencapai kesepakatan perihal modalitas sementara iaea berkomitmen untuk meneruskan pembicaraan.

iran juga iaea sudah membahas lebih dari Satu tahun supaya memesan modalitas untuk mengajarkan bagaimana iran mesti menjawab pertanyaan iaea perihal isu kemungkinan dimensi militer (pmd) dari program nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel serta beberapa sekutunya menuduh iran sudah salah mengejar lokasi non-sipil dalam program energi nuklirnya.

iran secara tegas menolak tuduhan itu, dengan alasan bahwa sebagai komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi juga anggota iaea, dia berhak untuk membeli teknologi nuklir supaya lokasi damai.

selain itu, iaea sudah melakukan berbagai inspeksi fasilitas nuklir iran, tetapi tidak sudah menemukan bukti dan menunjukkan kiranya situs energi nuklir teheran sudah dialihkan ke arah lokasi militer, demikian catatan irna.