SBY sarankan rekonsiliasi Rohingnya kepada Myanmar

menteri luar negeri marty natalegawa menuturkan presiden susilo bambang yudhoyono sempat membicarakan masalah etnis rohingnya melalui presiden myanmar thein sein saat diantaranya berhadapan dalam istana kepresidenan myanmar pada nay pyi taw, selasa.

presiden secara khusus singgung rohingya, dan menyampaikan dorongan juga anjuran supaya myanmar untuk melanjutkan rekonsiliasi etnis terkait, ujarnya.

menurut marty, indonesia siap mendukung rekonsialisasi ini, presiden malahan mengajak bumn ikut juga di rekonsiliasi itu dengan investasi dalam kawasan rawan konflik tersebut.

marty menambahkan, kedua presiden juga bertukar pandangan soal penyelesaian masalah komunal. presiden yudhoyono menyatakan dukungannya pada myanmar dan mengapresiasi pembangunan ekonomi dan kemajuan demokrasi selama negara tersebut.

Informasi Lainnya:

presiden myanmar kemarin mengundang indonesia supaya berinvestasi dalam negaranja.

dalam forum newsmaker thomson reuters dalam singapura, selasa pagi, yuhdoyono menyampaikan indonesia terus mendukung myanmar mendorong demokratisasi.

di tengah-tengah situasi yang besar demikian dunia skeptis, komunikasi saya melalui myanmar dianggap tidak banyak gunanya, saya selalu menyelesaikan. alhamdulillah, myanmar akhirnya berubah seperti kini ini juga para pemimpin dunia berdatangan kini ke myanmar sebab myanmar telah berubah, papar yudhoyono.

presiden menilai embargo ekonomi terus menerus pada myanmar tidak ingin berdampak positif kepada demokratisasi serta stabilitas kawasan.

kalau embargo terus banyak, tak menarik untuk asean, sebab myanmar anggota asean, ujarnya.