Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji menyerahkan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah kepada warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan juga instansi pemerintah yang lain dalam makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat itu dilakukan secara simbolik dengan kepala bpn terhadap 46 penerima dalam halaman properti jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini adalah hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan sejak januari 2013 hingga kini. ini merupakan hasil kerja luar biasa daripada segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah selama sulawesi selatan, tutur hendarman.

dia menunjukan supaya semua wilayah indonesia terdapat sekitar 85 juta bidang tanah dan mesti disertifatkan. hingga saat masih 45 juta jenis yang sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri agar berusaha lebih segeralah agar memberikan pelayanan sertifikat tanah dan lebih baik kepada warga.

hendarman menekankan untuk seluruh jajaran dalam berusaha taat kepadan aturan dan taat terhadap azas agar penduduk mendapat pelayanan pasling baik.

pada kesempatan itu, hendarman kembali mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya dalam memimpin bpn. presiden memberi aku dua tugas yaitu mengurangi sengketa dan harus disadari kepada orang kecil, ujarnya.

untuk itu, bpn mau terus menggalakkan program-program pro-rakyat dan di ini telah berjalan. program-program itu diantaranya sertipikat prona gratis, website jemput bola layanan sertifikat tanah untuk rakyat (larasita) dan program one day service.

mantan jaksa agung ri tersebut dan menekankan kembali prinsip dasar kiranya tanah merupakan sumber kesejahteraan serta kemakmuran kepada rakyat, sehingga tanah harus dihindarkan dari spekulasi.

sejalan melalui penggalakan situs pro-rakyat itu, bpn serta hendak mempertimbangkan hak guna usaha (hgu) terhadap perusahaan serta holding perusahaan yang sudah mempunyai hgu lumayan luas. saya serta mau menyewa supaya pemegang hgu mengembangkan konsep plasma dan inti untuk penting bagi masyarakat, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyampaikan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut keduanya terdiri daripada prona 11.282 jenis, redistribusi tanah agar rakyat miskin 2942 bidang, usaha kecil menengah (ukm) 465 bidang, nelayan 469 jenis, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 bidang, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 bidang, wakaf 73 bidang dan sisanya 803 agar pertanian.

elfachri juga mengakui sengketa tanah lumayan banyak pada wilayah kerjanya. kami telah melaksanakan 220 sengketa lewat mediasi dan gelar perkara, ujarnya.

sementara tersebut, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menyatakan pihaknya siap berusaha sama dengan bpn untuk melancarkan proses sertipikasi tanah kepada warga. jenis kerja sama tersebut salah satunya melalui penandatangan mou antara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel yang disaksikan kepala bpn ri.