PM Turki tetap akan ke Gaza sekalipun AS keberatan

perdana menteri turki recep tayyip erdogan pada selasa menyampaikan akan tetap mengerjakan perjalanan ke jalur gaza pas dengan rencana dalam bulan depan, biarpun amerika serikat menyerukan menunda kunjungan tersebut.

tidak banyak masalah supaya menunda perjalanan itu, kata erdogan dalam televisi turki, lapor afp.

washington sudah mendesak erdogan agar menunda mengunjungi wilayah palestina yang miskin itu melalui menyampaikan bila keputusan itu hendak mengganggu upaya amerika serikat untuk menghidupkan tinggal proses perdamaian dalam timur sedang yang hampir mati.

erdogan menekankan jika masa yang tepat agar kunjungannya ke gaza ingin ditentukan setelah ia melakukan pertemuan melalui presiden amerika serikat barack obama pada gedung putih dalam 16 mei.

Informasi Lainnya:

dalam perjalanan ke istanbul selama akhir pekan, menteri luar negeri amerika serikat john kerry menyampaikan jika perjalanan tersebut mau lebih bagus apabila ditunda seraya mendesak erdogan agar menanti situasi dan tepat.

itu merupakan perasaan kami secara konstruktif bahwa kami berpikir bila saatnya amat berguna sehubungan melalui proses perdamaian dan kami silahkan agar wujudkan, tegas kerry.

erdogan mengecam balik komentar kerry melalui tegas dan menyampaikan, kami harapkan dia tak menyampaikan tersebut.

pada senin, ankara menyampaikan tidka puas melalui komentar kerry.

pernyataan kerry tak tepat secara diplomatis kata wakil perdana menteri turki bulent arinc pada wartawan.

terserah pemerintah kami supaya mengambil langkah ke mana perdana menteri kami atau pejabat terjamin turki melawat dan kapan.