Jalan poros Sulawesi Tenggara rusak

jalan poros konda-wolasi menuju ibu kota kabupaten konawe selatan, sultra sekarang mulai rusak oleh karenanya selain menghambat perhubungan darat serta merugikan keselamatan pengguna jalan raya.

dilaporkan selama kendari, minggu pilihan titik kerusakan jalan itu tersebar di belokan pertama hingga akhir selama pebukitan kecamatan wolasi serta konda.

kerusakan jalur ini amat parah karena merupakan perlintasan mobil besar dan bermuatan berat dari beberapa wilayah seperti kabupaten bombana, pelabuhan torobulu menuju kabupaten muna serta buton, yang sepenuhnya mesti melewati jalan itu, kata yono, salah benar supir angkutan publik kota kendari-bombana.

kerusakan jalan nasional itu akibatkan, selain air hujan dari gunung menimpa badan jalan karena tak keberadaan saluran air sehingga disaat hujan datang segera menghantam badan jalan menyebabkan aspal jalan terkikis sampai berlubang karena tidak berfungsinya drainase dibuat pembatas air disepanjang jalan tersebut.

Informasi Lainnya:

selain itu, tingginya mobilitas kendaraan-kendaraan berat dan mengangkut semua hasil kehutanan serta pertanian, bahkan alat-alat berat perusahaan pertambangan yang nikel agar menyuplai kebutuhan dalam juga luar daerah setempat.

kerusakan jalan ini, sebenernya belum berlarut, namun apabila dibiarkan terlalu saja, dengan begini lambat laut ingin tambah parah dan mengancam keselamatan bagi semua pengendara, tutur udin, warga desa wolasi.

jalan poros wolasi, terhadap mobil sulit memang belum terlalu berpengaruh hendak akan tetapi berdampak bagi pengendara mobil peribadi ataupun sepeda motor, terlebih menganggu laju mobil terlebih disaat hujan.

bahkan keterangan dari masyarakat disepanjang jalan tersebut, kasus serta seringkali terjadi dengan kondisi jalan dan sedikit, kaum pengemudi mesti serba hati-hati sebab disamping belokan tajam, juga tanjakan cukup tinggi makanya kalau tidak berhati-hati bisa jatuh ke bawah jurang.

warga harapkan agar pemerintah pusat serta provinsi bersegeralah menangani sebelum jalan negara itu rusak berat (terputus), yang pastinya mau lebih sulit mendatangkan kerugian lebih besar jika dibiarkan terlalu saja.