Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama supaya pilkada kota bogor 2013 yang diselenggarakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya dalam tiga sulit selama tingkat elektabilitas serta keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, dan masuk tiga besar selama tingkat elektabilitasnya, sesudah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat juga artis syahrul gunawan, tutur direktur riset smart-pol syahril ilhami selama bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol merupakan lembaga survei dan bergerak selama bidang survei, marketing juga politik, dalam mana penelitinya sebagian sulit adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, saat memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menunjukan kiranya di rangka menyambut proses demokratisasi dan berlangsung selama kota bogor itu, maka smart-pol mengerjakan survei pra-pilkada yang dilakukan dalam 22-27 maret 2013.

ia mengajarkan bahwa teknik pengambilan sample mencari probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak daripada enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor yang dilakukan kepada warga daripada tingkat studi tak sekolah juga tak tamat sd hingga sarjana.

Lainnya: cincin kawin murah - perak murah - cincin tunangan murah - cincin kawin murah

pekerjaan responden mulai daripada petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang hingga pelajar/mahasiswa, ibu properti tangga, pegawai serta profesional. sementara status ekonomi diambil dari semua strata, mulai kelas bawah, menengah serta atas.

syahril ilhami menjelaskan bahwa tokoh yang disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan berdasarkan info dan input dari umum, tokoh partai, birokrat, public figur serta sumber Informasi yang lain.

menurut dia, banyak tiga kategori yang ditekuni, yakni popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) dan elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan demikian posisi tiga sulit dari 15 nama dan angkanya 1 persen ke atas, dengan demikian urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) serta bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, supaya kategori popularitas, yang dikerucutkan dulu pada posisi 15 besar, kalangan artis menempati posisi teratas.

posisi tiga besar ditempati masing-masing dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), serta ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya adalah syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) juga ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan kiranya mereka telah siap menerima konsekuensi kiranya survei tersebut ingin ditanggapi beragam, bagus dengan masyarakat maupun bakal calon dan akan tambah besar.

itu risiko sebuah survei, oleh karenanya apabila dituduh banyak pesanan pun, kami siap. namun, kami melakukannya melalui standar survei yang dapat dipertanggungjawabkan, katanya.