Presiden China perintahkan upaya penyelamatan habis-habisan

presiden china xi jinping memerintahkan aksi habis-habisan untuk menyelamatkan korban serta meminimalkan korban setelah gempa berkekuatan 7,0 skala richter melanda provinsi barat daya sichuan sabtu pagi.

xi, serta sekretaris jenderal komite pusat partai komunis china (cpc) dan ketua komisi militer pusat, menganggarkan perintah langsung sesudah gempa mengguncang kota lushan, ya`an, pada pukul 08.02 masa beijing.

bencana tersebut sudah merenggut 152 jiwa dan melukai lebih daripada 3.000 pihak selama pukul 20.30 masa setempat.

xi mendesak untuk membeli Informasi bencana dengan segeralah serta membuat semua upaya supaya menyelamatkan rakyatnya. perhatian penyelamatan harus dilaksanakan melalui langkah ilmiah untuk mengurangi korban seminimal mungkin, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia serta minta untuk memperkuat pemantauan seismik, mengambil langkah konkret supaya mencegah bencana sekunder, merelokasi orang-orang dan terkena bencana, dan menjaga stabilitas sosial di zona gempa.

komite pusat cpc juga xi mempercayakan perdana menteri li keqiang untuk mengarahkan pekerjaan penyelamatan akibat gempa, yang sudah tiba dalam zona gempa sabtu sore.

dalam instruksi terhadap angkatan bersenjata juga polisi bersenjata, xi memerintahkan pasukan pada zona dan dilanda gempa agar menggarap semua upaya penyelamatan sejak bencana sudah mendorong kerugian parah selama daerah itu.

pasukan mesti langsung dikirim ke garis depan supaya pekerjaan bantuan gempa untuk menyelamatkan warga juga mengobati yang terluka, pas dengan instruksi.

mereka dan telah diperintahkan agar mengambil aksi pencegahan pada bencana sekunder dan membantu pemerintah daerah untuk merelokasi penduduk yang terkena dampak, serta menjaga stabilitas sosial daripada zona gempa.

pasukan dan mesti mengurus keselamatan mereka sendiri, papar xi.

dewan negara, serta kabinet, sudah meluncurkan tanggap darurat gempa kelas pertama. tim darurat kementerian, angkatan bersenjata serta polisi bersenjata menuju ke zona gempa.

pemimpin provinsi sichuan sudah tiba dalam pusat gempa serta penyelamatan serta pekerjaan santunan tengah berlangsung.

episentrum gempa pada kedalaman 13 km, dipantau pada 30,3 derajat lintang utara serta 103,0 derajat bujur timur.

ya`an memiliki masyarakat 1,53 juta serta disukai sebagai kota kelahiran panda raksasa. kota ini adalah sekitar 140 kilometer jauhnya dari ibu kota provinsi chengdu, demikian xinhua.