Sumbar [alokasikan|anggarkan Rp940 juta untuk mitigasi bencana

pemerintah provinsi sumatera barat (sumbar) alokasikan dana sebesar rp934 juta supaya mendanai penyelenggaraan program mitigasi bencana selama tahun anggaran 2013.

dari tersebut bersumber dibandingkan apbd sumbar 2013 serta [dialokasikan|dianggarkan selama pos anggaran badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) selaku satuan aparat pemerintah daerah (skpd) pelaksana urusan penanganan bencana, tutur gubernur sumbar irwan prayitno selama padang, rabu.

program mitigasi bencana ini diselenggarakan di empat model yang dilakukan bpbd sumbar menyertakan bagian pihak terkait yang lain.

selain itu, pemprov dan mengalokasikan anggaran supaya membiayai pelaksanaan program peningkatan kesiapsiagaan kepada bencana sebesar rp3,36 miliar dan juga bersumber dari apbd 2013.

Lainnya: Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda - Mencari Dealer Honda

program peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana dilaksanakan dalam delapan model. pelaksanaan kegiatan-kegiatan mitigasi serta peningkatan kesiapsiagaan kepada bencana, mengenai kondisi provinsi sumbar dan dibuat supermarket bencana alam, sebab banyaknya bidang bencana alam dan mengancam wilayah ini.

selain bencana alam, sumbar dan terancam bencana timbulkan manusia seperti konflik sosial, endemi wabah penyakit dan kegagalan teknologi, katanya.

ancaman bencana tersebut diantara lain timbulkan posisi sumbar terletak tidak jauh dengan pertemuan lempeng indo-australia juga euro asia di samudera hindia sebelah barat mentawai dan dilalui patahan semangka dari solok selatan sampai pasaman.

selain itu, peraturan gempa indonesia (sni-1726 2002) menempatkan sumbar dibuat salah Salah satu wilayah dan mempunyai percepatan gempa maksimum (pga) tertinggi dalam indonesia.